Polyester dan Nylon, Sama atau Beda ?

by Dec 21, 2016Bahan Tas1 comment

bahan tali nylon

Bahan tas yang beredar saat ini banyak menggunakan istilah D yaitu dinier pada kodenya. Sebenarnya apa sih Dinier itu ? Istilah dinier sebenarnya diambil dari istilah koin yang digunakan di negara Perancis di jaman abad pertengahan. Di timur tengah biasa disebut dengan dinar. Pada jaman dahulu 9000 meter benang sutera sebanding dengan berat 1 buah koin denier.

denier coin

koin denier sebagai acuan

Lalu apa hubungannya dengan kain ? Sebenarnya pada jaman dahulu perhitungannya adalah persamaan berat antara 9000 meter benang dengan jumlah koin denier. Sebagai contoh denier 300 berarti benang sepanjang 9000m sebanding dengan 300 buah koin. Semakin banyak denier semakin berat kain tersebut sekaligus semakin tebal.

Apakah kode tersebut masih bisa digunakan ? Untuk saat ini sebenarnya sudah kurang relevan, karena penggunaan filamen / benang penyusun kain sudah sangat beragam dan memiliki kekuatan yang berbeda. Sebagai contoh benang nilon memiliki berat yang lebih ringan daripada polyester tetapi memiliki kekutan yang lebih tinggi.

benang nilon yang ringan dan kuat

benang nilon yang ringan dan kuat

bahan polyester yang terkesan mewah

bahan polyester yang  mewah

 

Jadi apa sebaiknya apa yang saya pertimbangkan untuk memilih bahan tas ?

spunbond polyester

Pertama, Sebaiknya Anda memilih karakteristik dari benang yang digunakan untuk kain tersebut. Benang nilon bersifat kaku , kuat dan mengkilap namun tidak kuat terhadap panas. Benang polyester bersifat kasar, tidak mengkilap dan lebih tahan panas.

denier 1680

Kedua, perhatikan dari jenis kain yang anda inginkan, kain nilon biasanya tipis dengan tekstur licin. Kain polyester biasanya lebih lebih tebal untuk meningkatkan kekuatannya dan juga terasa kasar. Kain polyester pun banyak yang ditambahkan lapisan PVC sehingga lebih kuat, tidak tembus air dan juga lebih tebal.

denier 600

Ketiga,jika anda memilih benang polyester, tentukan tingkat ketebalan kain yang dinamakan denier tersebut. Semakin tinggi nilai Denier semakin tebal kain tersebut. Untuk saat ini nilai denier tertinggi yang ada adalah denier 1800 dan terendah adalah denier 300.

Jadi apakah anda sudah menentukan tipe bahan untuk tas Anda ? Segera hubungi kami untuk dapat penjelasan dan dapatkan HARGA TERBAIK untuk tas dambaan Anda.

Summary
POLYESTER DAN NYLON - SAMA ATAU BEDA?
Article Name
POLYESTER DAN NYLON - SAMA ATAU BEDA?
Description
Bahan tas yang beredar saat ini mayoritas polyester dan nylon. Tapi tidak semua orang mengerti perbedaannya. Artikel ini siap menjelaskannya
Author
Publisher Name
Asher-Online.com
Publisher Logo

Pin It on Pinterest

WhatsApp Whatsapp Sekarang !