Cara Menjadi Dropshipping

by | Jul 25, 2020 | Dropship Tas

cara menjadi dropshipping

Di dalam ulasan berikut ini, Anda bisa temukan rangkuman panduan untuk definisi, cara menjadi dropshipping atau dropshipper, serta keuntungan menjadi dropship dari sudut pandang Anda sebagai penjual atau pelaku bisnis. Simak penjelasannya di bawah ini dan selamat membaca!

Mengenal Dropshipping

Secara garis besar, dropshipping merupakan sebuah metode pengiriman yang dilakukan oleh pemasok, supplier, atau vendor langsung kepada pelanggan. Dengan demikian, cara berjualan sebagai dropshipper ini tidak mengharuskan Anda sebagai penjual untuk membeli stok dan menyimpan stok barang di rumah atau gudang.

Jadi, bisa dikatakan bahwa bisnis dropship, baik itu dropship tas, baju, sepatu, sampai makanan sekalipun memiliki kemiripan dengan bisnis reseller. Hanya saja, sebagai dropshipper, Anda tidak menyetok barang dan tidak melakukan pengiriman barang kepada pemesan atau pembeli. Sebagai dropshipper, Anda menjadi penjual yang hanya perlu meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier/vendor, dan pihak supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli, namun tentunya atas nama Anda sebagai penjual.

Nah, berdasarkan definisi singkat tentang cara menjadi dropshipping tersebut, Anda barangkali sudah bisa menarik kesimpulan mengapa banyak orang yang tertarik menjalankannya, kan? Bahkan sudah ada banyak dropshipper yang sukses menjalankan bisnis dropship terpercaya mereka. Pasalnya, bisnis menjadi dropshipper ini memang merupakan salah satu cara termudah untuk jualan modal kecil, bahkan tanpa modal selama Anda punya HP atau laptop, serta koneksi internet.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Dropship

Sebagai penjual, Anda bisa menjadi dropshipper dan merasakan keuntungan sebagai berikut:

  • Modal yang dibutuhkan minim.

Lain halnya dengan berjualan dengan cara konvensional, menjadi dropshipper bisa Anda mulai sebagai bisnis rumahan tanpa modal karena modalnya yang memang sangat kecil. Apalagi karena Anda tak perlu sewa toko dan beli stok barang. Jadi, selama Anda bisa menemukan pembeli secara online, Anda hanya perlu teruskan uang dan pesanan dari pembeli ke supplier dengan keuntungan yang bisa langsung Anda ambil, dan supplier akan langsung mengirim barang atas nama Anda sebagai penjual.

  • Mudah dijalankan.

Selain modal kecil jadi dropshipper juga jauh lebih mudah dijalankan. Apalagi, supplier biasanya sudah menyediakan foto katalog plus caption maupun deskripsi produk yang bisa langsung Anda gunakan. Jadi, menjadi dropshipper bisa jadi solusi untuk bisnis tanpa modal tanpa resiko juga.

  • Fleksibel.

Karena bisnis dropship sangat mengandalkan internet, Anda pun jadi bisa berjualan dari mana saja. Cari kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, di kantor, atau sambil traveling pun, semuanya bisa. Anda pun tak perlu mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk packing, sehingga Anda bisa fokus pada pekerjaan atau kesibukan harian Anda sambil tetap mendapatkan pemasukan ekstra.

Panduan Menjadi Dropshipper

Lantas, bagaimana ya caranya memulai bisnis sendiri sebagai dropshipper? Simak panduan singkatnya berikut ini!

  1. Pilih supplier yang andal dan terpercaya.

Meskipun jualan sebagai dropshipper memang mudah dan fleksibel, Anda harus tetap cermat saat berjualan, lho! Bahkan ketika Anda sedang mencari supplier pun Anda harus teliti memilih. Sebab, meskipun barang dikirim supplier, pembeli tahunya mereka mendapatkan barang ya dari Anda. Karena itu, untuk mendapatkan kepercayaan pembeli, Anda wajib memastikan bahwa supplier Anda memang terpercaya, profesional, dan andal.

Selain itu, barangnya juga harus berkualitas, dikirim tepat waktu, dikemas dengan baik, dan pastinya tidak rusak atau cacat. Apalagi, sebagai dropshipper Anda tidak ikut serta dalam pengecekan kualitas produk sebelum pengiriman. Oleh karenanya, sebelum memulai cara bisnis online tanpa modal yang satu ini, Anda wajib memilih supplier yang tepat agar Anda tidak mendapatkan citra negatif dari pembeli.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier. Misalnya lewat marketplace, forum, atau website resmi supplier.

  1. Lakukan kerja sama dan tetapkan harga jual barang.

Setelah Anda menyeleksi supplier dengan cermat dan menentukan pilihan, Anda bisa coba lakukan pemesanan barang untuk mengecek seberapa bagus kualitas barang. Jika Anda puas, Anda bisa hubungi supplier untuk tawaran kerja sama sebagai dropshipper.

Masing-masing supplier memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Misalnya, ada supplier dropship Bandung yang mengharuskan Anda untuk menjual dengan harga tertentu yang sudah mereka tentukan agar tidak terjadi perang harga. Tapi, ada juga yang membebaskan dropshipper dalam menentukan harga jual. Karena itu, Anda juga perlu cerdas dalam berjualan karena pasti ada banyak pesaing di luar sana yang memiliki supplier yang sama, mengingat dropshipping memang bisa dilakukan siapa saja tanpa modal besar.

  1. Buat toko, tentukan brand, dan promosi produk.

Jika Anda belum menyiapkan toko online untuk berjualan, segera siapkan. Anda bisa daftar dropship Shopee jika supplier Anda juga berjualan di marketplace tersebut, atau berjualan lewat media sosial yang sama-sama bisa dijalankan secara gratis. Kemudian, tentukan nama toko dan brand yang ingin Anda berikan kepada calon pelanggan. Jadi, meskipun bisnis Anda masih baru dan dimulai dengan modal yang sangat minim, bukan berarti bisnis Anda tidak bisa terlihat kredibel dan terpercaya, kan?

Untungnya, banyak supplier yang menyediakan foto produk berkualitas tinggi yang jelas dan jernih, bukannya foto editan dengan kualitas buruk yang terlihat pecah atau buram. Karena foto produk pada dasarnya adalah “etalase” toko online Anda, penggunaan foto yang jelas dan terlihat profesional jelas akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas toko dan menarik perhatian calon pembeli, kan?

  1. Berkomunikasi dengan pelanggan.

Begitu Anda mulai berjualan dan telah sukses menarik calon pelanggan, bersikaplah yang ramah dan responsif terhadap pertanyaan mereka, bahkan jika pelanggan masih belum membuat keputusan apakah mereka akan berbelanja dari toko Anda. Sebab, dengan pelayanan yang baik, mereka tak akan segan untuk kembali lagi dan akhirnya berbelanja dari toko Anda, atau malah menjadi langganan, lho!

Hanya saja, sebagai penjual, Anda juga perlu menegaskan calon pelanggan untuk selalu membaca deskripsi atau rincian produk terlebih dahulu. Hal ini juga akan membantu Anda menghemat waktu dan tenaga, serta bisa melayani lebih banyak pelanggan dalam satu waktu.

Untuk Anda yang membuka jalur komunikasi lewat WhatsApp, Facebook, atau marketplace, Anda bisa atur balasan otomatis agar pelanggan tidak merasa diabaikan. Dalam pesan balasan otomatis tersebut, Anda pun bisa tambahkan informasi hingga tautan (link) penting yang sebaiknya dibaca terlebih dahulu, seperti jam operasional toko, halaman FrequentlyAskedQuestions (FAQ) dan tata cara pemesanan barang. Karena sekali lagi, meskipun bisnis Anda dimulai dengan modal yang sangat kecil sekalipun, bukan berarti Anda bisa melayani pelanggan dengan kualitas layanan yang “murahan”.

Nah, itulah panduan singkat mengenai definisi, keuntungan, hingga rangkuman cara menjadi dropshipping yang semoga dapat membantu Anda dalam memulai bisnis Anda sendiri. Semoga informasinya bermanfaat!

Bila Anda ingin memperoleh sampingan dengan bermodal handphone ? Kami siap membantu Anda menjadi dropshipper tas yang sukses. Saatnya Anda bergabung dengan gabung dropshipper tas Asher-Online.com dan belajar panduan dropshiper tas pemula agar Anda bisa sukses di bidang ini.

 

WhatsApp Chat Pesan Tas/Masker MIN 50 pcs Di Sini